Manfaat Aqiqah

Manfaat Aqiqah

By Dapoer Aqiqah Bandung

MERAYAKAN KELAHIRAN BAYI DENGAN AQIQAH

Istilah aqiqah berasal dari bahasa Arab yaitu rambut yang tumbuh di atas kepala bayi sejak dalam perut ibu hingga pada saat dilahirkan. Pengertian inilah yang menurut Zamakhsyari merupakan makna asal aqiqah. Adapun makna yang umumnya digunakan ulama merupakan makna musytaqqah (ambilan) dari makna asal ” rambut bayi” tersebut. Hal senada diungkapkan oleh Abu Ubaid bahwa makna asal aqiqah adalah rambut yang tumbuh di kepala bayi.

Manfaat Aqiqah

Manfaat Aqiqah

Manfaat Aqiqah bagi Bayi yang baru lahir

Al-Manawi berkata dalam Syarh Faidhil Qadir, “Ibnul Qayyim berkata, ‘Tujuan Aqiqah adalah pembebasan bagi bayi yang baru lahir dan penjagaan baginya dari godaan setan dalam kepentingan akhiratnya. Mencukur rambut berarti menghilangkan gangguan darinya. Mencukur rambut berarti menghilangkan gangguan darinya. Yakni gangguan dari rambut di kepalanya dan kotoran yang menempel padanya, baik kotoran yang suci maupun najis, agar berganti rambut yang lebih kuat daripada rambut yang lama. Selain itu, mencukur rambut tersebut bermanfaat bagi kepala karena bisa membuka pori-pori kulit kepala hingga uap air bisa keluar dengan mudah. Mencukur rambut juga bermanfaat untuk menguatkan inderanya.”
Ummu Kurz r.a. pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang aqiqah maka beliau menjawab, “Untuk bayi laki-laki dua kambing (yang sepadan) dan untuk bayi perempuan satu kambing, baik kambing jantan maupun kambing betina tidak ada masalah bagimu.”

box-aqiqah

Manfaat Aqiqah 

Banyak sudut pandang yang menjadikan anak begitu penting dalam kehidupan seseorang. Ketidakhadiran sosok buah hati, tidak jarang membuat hilangnya makna kebahagiaan dalam hidup.

Manfaat Aqiqah 

Anak adalah anugerah, anak adalah harta tiada tara, anak adalah belahan jiwa dan lain sebagainya. Begitulah para orang tua menilai kehadiran anak yang berujung pada kesadaran untuk mensyukurinya. Namun, Islam tidak menghendaki kebahagiaan itu menjadikannya lupa akan arti lain dari kehadiran anak sampai akhirnya kebahagiaan tersebut berubah menjadi petaka kerena kurangnya kesadaran untuk melihat anak dari sudut pandang yang lain. untuk itu, mari sama-sama kita cermati apa saja kedudukan anak bagi orang tuanya,:

  • Anak sebagai Rahmat. Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman : “…dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka sebagai suatu Rahmat dari sisi Kami” (QS. Al-Anbiya :84)
  • Anak sebagai Amanah. Rasulullah ﷺ bersabda ” … Suami sebagai pimpinan didlm rumah tangganya dan dia bertanggung jawab dalam rumah tangganya…” (HR. Bukhori Muslim).
  • Anak sebagai Ujian. Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman : “Dan ketahuilah, harta-hartamu dan anak-anakmu itu adalah sbg ujian (fitnah)” (QS. Al Anfal :28)
  • Anak sebagai Media Beramal. Rasulullah ﷺ bersabda : ” Apabila orang tua memberi nafkah terhadap keluarganya dan ia mengharapkan pahala karenanya, maka nafkah itu menjadi sedekah baginya” (HR. Bukhori Muslim)
  • Anak sebagai Amal Jariyah. Nabi ﷺ bersabda : “Apabila manusia mati, maka putuslah semua amalnya kecuali 3 perkara : sedekah jariyah, ilmu yg bermanfaat, dan anak yg sholeh yg mendoakan orang tuanya” (HR. Bukhori Muslim)

 

Manfaat Aqiqah 

Ibnu Qayyim berkata, “Hadits tersebut bila sanadnya tidak bersambung, hadits Anas dan Ibnu Abbas sudah mencukupi. Hadits itu adalah bahwa Nabi ﷺ mengaqiqahi Al-Hasan dengan satu kambing dan Al-Husain dengan satu kambing pula. Al-Hasan lahir pada tahun Uhud, sedangkan Al-Husain lahir pada tahun berikutnya. Sementara itu, hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i dengan redaksi sebagai berikut:
Rasulullah mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain dengan dua kambing untuk masing-masing.” Sanad hadits ini kuat. Kemudian Ibnu Qayyim berkata, “Hadits-hadits yang menyebutkan dua kambing untuk anak laki-laki dan satu kambing untuk anak perempuan lebih baik untuk diamalkan.

 

Sumber: Islam Parenting, Pendidikan Anak Metode Nabi/Karya: Syaikh Jamal Abdurrahman/Penerbit: Aqwam Jembatan Ilmu

Manfaat Aqiqah

Manfaat Aqiqah

Manfaat Aqiqah

 

Info dan Pemesanan Hubungi

Pusat Paket Aqiqah

XL / WhatsApp : 081809465516
Simpati/Hallo/As : 08122269279
Indosat/Mentari/IM3 : 085794255272
PIN BB : 7622D3C1

copyright @ Manfaaq Aqiqah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *